Jumat, 15 Maret 2013

Gizi Super Cream

Ini HG krim nutrisi saya. Entah sudah berapa pot saya habiskan, sejak harganya masih 7ribuan sampai sekarang menyentuh hampir dua kali lipatnya. Saya cukup fanatik dengan produk skincare yang alami dan jikapun menggunakan tambahan bahan kimia, masih dalam jumlah yang wajar dan kandungan yang masuk akal. Dan Gizi Super Cream ini satu-satunya yang saya beli dan beli lagi karena belum menemukan yang lebih baik dari segala segi, termasuk harga. :)



Gizi Super Cream, seperti sudah direview oleh banyak sekali beauty blogger, memang krim yang bagus. Meski saya lebih suka menyebut Gizi super cream ini sebagai krim nutrisi.. krim perawatan, bukan pelembap. Dan seperti halnya segala jenis Skincare, ada yang cocok ada yang tidak cocok. Dan itu amat sangatlah wajar. Untuk kulit normal-berminyak saya, krim ini lebih dari sekedar cocok, karena aman dan sekali lagi, masuk akal. :D

Dari kemasan dan brosur, saya mendapat beberapa Informasi seperti ini :

Vitamin Kulit yang terbuat dari 90% bahan alami [masih ada tambahan bahan kimia dalam jumlah kecil] berdasarkan resep kecantikan tradisional dengan 4 unsur super dari alam yang efektif memberikan kelembaban sekaligus nutrisi dan vitamin pada kulit,
1. Rumput Laut : membantu mencegah penuaan dini (anti aging dan anti wrinkle), epitelisasi, mengangkat sel kulit mati.
2. Kedelai : Membantu mencerahkan kulit kusam, mencegah flek hitam dan mengatasi iritasi kulit. [FYI, kedelai mempunyai kandungan fitoestrogen yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas/kekenyalan kulit]
3. Bligo : Memiliki sifat mendinginkan kulit, membantu melembabkan serta menghaluskan kulit, sebagai anti jerawat dan melindungi kulit dari sinar matahari (Ultra Violet)
4. Almond : Anti-bakteri, anti fungi, anti virus dan anti oksidan.
Pemakaian teratur pada pagi, sore dan malam hari, memberikan nutrisi dan vitamin pada kulit wajah serta seluruh tubuh agar tetap sehat tampak cantik alami.

Komposisi Bahan : Eucheuma cottoni (seaweed) extract, Benincasa cerifera (Bligo) extract, Glycine max (Soya) extract, Prunus dulcis (Almond) extract, Stearic Acid, Perfume, Triethanolamine, Glycerine, EDTA, D-glucono-1,5-Lactone, Sodium Benzoate, Calcium Gluconate.

*Stearic acid atau asam stearat berfungsi sebagai agen pengemulsi (pencampur) sehingga membentuk larutan kental/agak padat (tekstur krim), sebagai pelembut kulit/pelembab.Diperbolehkan dalam kadar 1-20%.
*Perfume wajar digunakan untuk menutupi bau campuran bahan yang kurang nyaman.
*Triethanolamin berfungsi sebagai agen pengemulsi, supaya bahan-bahan utama menjadi mudah bercampur sekaligus sebagai pengontrol pH (tingkat keasaman) produk kosmetik.
*Glycerine digunakan secara umum sebagai pelembut kulit sekaligus pelembap dengan mencegah evaporasi (penguapan air) dari permukaan kulit sehingga kulit menjadi lentur dan tidak mudah berkerut.
*EDTA atau Etilen Diamine Tetra Asetat adalah bahan penstabil kandungan bahan kosmetik. Berbagai kandungan bahan sangat mungkin saling bereaksi sehingga struktur dan fungsi dari zat aktif dalam kosmetik tersebut berubah. EDTA mencegah hal ini terjadi.
*D-glucono-1,5-Lactone dan Sodium Benzoate adalah campuran yang digunakan sebagai pengawet. Sodium benzoate adalah bakteriostatis (membunuh bakteri) yang baik selama tidak terdapat vitamin C (asam askorbat) atau asam sitrat dalam produk.
*Calcium Gluconate berfungsi sebagai Skin-Conditioning Agent.

Tekstur dan konsistensi 


Gizi Super Cream ini berwarna putih tulang agak kecoklatan. Dan warnanya cenderung tidak sama antara satu pot dengan pot lainnya. Beraroma sedikit menyengat tapi tidak mengganggu. Tekstur thicky, kental dan terkesan berat. Konsistensinya lebih mirip pasta daripada krim. Dikemas dalam pot putih klasik yang ditutup alumunium foil sebelum dibuka. Alumunium foil ini sebaiknya hanya dirobek setengah untuk menjaga suhu dan higienitasnya.

Oh ya, seperti ditulis di kemasan, Cream ini banyak mengandung protein, maka cara ambilnya harus dengan tangan yang kering. Kenapa? Karena tercemari air sedikit saja, bisa menjadi media tumbuh jamur dan bakteri. Cream dibuat sedemikian kental dengan sedikit pengawet organik adalah upaya agar tidak terlalu cepat rusak oleh bakteri dan jamur. Untuk menjaganya tetap awet dan higienis, usahakan dicolek dengan tangan yang bersih dan kering.

Satu lagi, kosmetik apapun sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Suhu yang terlalu ekstrim mudah mengubah struktur protein dan juga merusak konsistensi krim, sehingga menjadi tidak lagi baik digunakan. 

Efektifitas dan Hasil


Setelah diaplikasikan, Gizi Super Cream memberi hasil matte pada wajah. Kulit normal hingga berminyak menunjukkan reaksi baik. Tapi kulit kering bisa menjadi semakin kering jika menggunakan krim ini secara tunggal. Bisa dicoba dengan mencampur krim ini dengan krim oil-base netral yang melembabkan untuk tetap mendapatkan manfaatnya.

Pada beberapa pemakaian awal, krim ini bekerja seperti krim detoksifikasi. Purging (bruntusan) dan rasa perih bisa jadi adalah keluhan biasa yang menandai efektifitasnya. Waspadai purging atau iritasi yang tidak menyembuh dalam satu atau dua minggu. Bisa jadi kulit kita memang tidak cocok dengan krim ini. Jangan dipaksakan :)

Testimoni Pribadi

Hasil pemakaian setelah berpot-pot Gizi Super Cream di wajah saya cukup memuaskan. Saya hampir tidak pernah jerawatan dan pori-pori berukuran wajar untuk tetap bernafas tanpa terlihat seperti kulit jeruk. Kulit tidak kering dan tidak juga berminyak. Dulu saya memakainya pagi hari setelah mandi saja. Sekarang saya menggunakannya setiap pagi dan sebelum tidur. Untuk pemakaian pagi, saya kombinasikan dengan tabir surya karena Gizi Super Cream tidak mencantumkan berapa besaran SPF sebagai UV filter bagi kulit.

Bagi saya, krim ini selain bersahabat dengan kantong juga berbahan alami yang nyaman di hati dan di kulit kita ke depannya. Karakteristik utama dari kosmetik alami adalah warnanya tidak stabil dan segera kadaluwarsa. Dan untuk kosmetik legenda seperti Gizi ini, kontrol kualitas rasanya adalah taruhan utama yang berhasil dipertahankan.Menengok-lebihkan brand bisa jadi baik, tapi mempertimbangkan komposisi dan efek jangka panjang produk saya rasa lebih penting.

Harga : Bervariasi mulai IDR 9000 - 13000

Repurchase ? Absolutely :)

40 komentar:

  1. wah boleh dicoba nih, aq sering liat ada di counter" tp aq g tw manfaatnya apa xD hihi thx reviewnya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're welcome Shani.. semoga cocok ya :)

      Hapus
    2. di mana ya bisa beli gizi super cream ini? aq shofi di medan... bisa kasih gambaran gk cara beli gizi super cream ini. mohon info kan ke no hp qu 081376249924 krn aq jarang on line. buat infonya tks bangeeeeet...

      Hapus
  2. Waktu jaman SMP (sekitar tahun 2000-an) aku pernah pake ini, tapi bukan buat di muka, tapi di sikut.

    Jadi waktu itu aku mulai aktif di pramuka, renang, basket, trus sikut jadi kering bangettt... saking keringnya sampe luka2... T__T

    Akhirnya, mamaku nonton iklan ini (dulu ada iklannya), trus belilah... karena kata mamaku, seaweed itu anti inflamasi dan bisa memepercepat pennyembuhan luka... Akhirnya aku pake ini, tiap mau skolah sama mau tidur...

    Hasilnya malah diluar dugaan, sikut aku selain jadi lembut malah jadi putih... sama kayak badan, jadi cakep bgt. Aku pakein juga tuh buat lutut, eh... beneran sama efeknya kayak siku..

    Trus, sekarang udah dewasa ini... lututku juga belang sama kulit, coba pake gizi yang sekarang malah gak ngefek... mungkin karena kulitnya udah jauh lebih tebel dari masa smp kali ya... ugh, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Momma Kei, tengkyu sharingnya :)
      Iya ini produk legendaris banget, meski popularitasnya tergeser krim2 lain tapi tetep punya penggemar setia yang sudah merasakan manfaatnya *tunjuk diri sendiri* :D Mudah2an seiring makin mahalnya bahan baku, ga merubah kualitas produk ya :D

      Hapus
  3. jujur aku belum pernah pakai krim ini. ternyata hasilnya bagus ya? Kandungannya juga jelas. thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dokter cantik :)
      Kalo di aku hasilnya bagus, dicoba dulu aja.. siapa tau cocok :)

      Hapus
  4. salam kenal kakakkk,,,
    makasiii yaa udah di folow juga ^^
    aku juga keracunan pake gizi ini, n hasilnya baguis...
    n aku pakenya baru 9 bulan...
    nice review kakakkk
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 9 bulan? Wow.. cocok berarti ya? alhamdulillah :)
      suka banget sama Gizi, selain alami juga ga bikin kantong menjerit :D

      Hapus
  5. iaa kak arun, murah meriah,,,:D
    alhamdulillah ga terlalu cetar purgingnya di awal2 pake kakk....
    sekarang aku campurin makenya ama hadalabo shirojyun n hasilnya bagus kakk,,,
    gizi yg teksturnya padat jadi bagus di pake buat siang hari...
    jadi glowy2 ala korrea,,,jadi gak perlu cari bb cream lagi...
    hihihi,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi Gizi dicampur hadalabo juga even out skin tone kaya BB cream ya? :D

      kadang kalo kulitku lagi kering kucampur sama nivea creme.. fleksibel aja :)

      Hapus
  6. oiaaa,,kakakkkk yg dah lama pakenya dunk yaa,,,
    aq baru keracunan sejak aktif aktifnya blogwalking n kenalan ama forum FD... :D

    BalasHapus
  7. itu cream-nya ibuku dari jaman q keciiiil sampe sekarang, udah hampir 30thn-an. Itu yang q tau, bisa jadi ibuku makenya lebih lama dari itu. Emang muka ibuku di usianya yang udah 50thn lebih masih kinclong, gak keliatan kalo dah umur segitu. Q aja di kira adeknya, padahal q anak bungsunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sudah cocok biasanya sulit pindah kelain hati.. apalagi jaman dulu varian skincare ga sebejibun sekarang :D

      Perawatan itu investasi, hari ini ga begitu kelihatan.. diatas 40 biasanya mulai terlihat kulit dirawat dan engga.. :)

      Hapus
  8. pengen sih coba cuman takut jerawatan dan nggak cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skincare memang cocok-cocokan, tapi ga ada salahnya nyoba produk yang bekerja baik bagi kebanyakan orang.. :)

      Hapus
  9. ini halal ga? maksudnya, apakh sdh brsertifikasi halal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya saya diingatkan soal kehalalan produk. Dilihat kandungannya sih rasanya ga ada yang ga halal.. tapi di kemasan maupun di directory halal, belum ada sertifikasi halal untuk Gizi dari MUI. Semoga segera disertifikasi biar kita nyaman makenya :)

      Hapus
  10. Dulu aq pernah pake lama 2000-2001 wktu msh smp.. trus orng-org bilang kulit muka ku bagus bersih, ceran, dan kenyal t
    Seiring perkembangan jaman aq ganti2 produk dan cream dokter... awal makenya bagus lama2 jd kusam.
    Pengen rasanya balik lg pke krim gizi tapi takut gak cocok karna tekstur kulit qu yg uda berubah dan sdh bnyk terkontaminasi kosmetik dan krim2 lain. Kira kira gimana yaa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Rista, sorry for late response :)

      Detox aja dulu kalo pengen bersih dari residu krim2 sebelumnya.. Olahraga sama minum jus buah sayur tanpa gula + air putih selama sebulan. Wajah ga diapa-apain (no krim no make up). Baru pake Gizi lagi :)

      Hapus
  11. aku jd keracunan, pas beli dan coba. kayanya aga ga cocok, di pipi muncul pimple kecil". tapi kekeuh dan bedegong *bhs sunda (translate: keras kepala) aku switch yg lain, trus beberapa hari kemudia coba lagi, beneran ber pimple, :( padahal byk yg cocok, dan suka banget ama efek matte ama ademnya. pake di kaki aja kali ya ama tumit biar ga mubadzir. >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pimple kecil2 itu bisa jadi karena proses purging (biasa dialami kalo ganti skincare) atau memang ga cocok. Gizi ini bagus buat kulit oily, dia cukup mengontrol minyak.. Untuk kulit kering ga direkomendasikan deh.. kurang melembabkan. :)

      Iya pake di tangan atau kaki aja.. :D

      Hapus
  12. thanks for sharing :)
    mau coba ah. tapi sis, kalo dipake pagi hari biasanya ditempel kosmetik lain? contohnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini krim nutrisi menurutku, jadi kalo aku pakenya sebelum primer/BB cream.. misal kulitmu kurang lembab, bisa ditambah pelembab. krim ini matte finish dan kurang rekomen buat kulit kering dan sensitif :)

      Hapus
  13. Beli krim gizi ini dmn ya? Kulitku gampang bruntusan whitehead kecil2 gt kl udh ga cocok, tp pgn bgt lepas dr krim dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. di toko-toko yang jual segala ada itu biasanya gampang nemunya.. coba detox dulu.. hentikan segala jenis krim, wajah cukup dibersihkan aja.. trus buat biar tetep lembap, minum air putih yang banyak.. lebih bagus ditambah jus buah+sayur tanpa gula.

      bisa juga coba cuci muka pake oatmeal.. selain membersihkan, juga mengurangi peradangan, jerawat dan melembapkan. Good luck :)

      Hapus
  14. Itu belinya dimana sis? Kira2 cocok ga yah buat jerawat bruntusan T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya di toko segala ada sih kalo disini (Jogja). Atau kalau misal sulit nemunya, bisa pesan online ke fanpage Gizi Super Cream di facebook

      http://www.facebook.com/pages/GIZI-Super-Cream/183067968436214

      kalo jerawat, coba fokus obatin jerawatnya dulu.. baru nyobain pake Gizi. Semoga cepet sembuh ya jerawatnya :)

      Hapus
  15. salah satu HG saya juga :)
    kena racun di fd dan akhirnya cucok :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah.. Selamat!
      racun sehat dong ya kalo gitu.. *usep2 dompet*

      Hapus
  16. Aq pke krim ini uda lama bgt mbk dr wktu msh smp taon 2000 pek skrg umurq 27. Gk trasa uda 13 taon aq makenya. Tiap hari aq pke n alhmdllah cocok bgt. gk akn gnti2 kosmetik dch. Cz uda jd soulmate kyknya he..

    BalasHapus
  17. sya bpak dri mnado...
    mau tnya, sya prnah mmakai produk ini tahun 90an..
    dan di brosur trtulis bisa mnghilangkan bkas luka/operasi.
    apa skrng msih bisa....???

    BalasHapus
  18. Hayyy say, makek krim ini slama berbulan bulan dan ber pot² ternyata bikin wajah smakin putih yaa... ^^

    BalasHapus
  19. hay mbaaa mau nanya dongg
    bisa utk menghilangka jerawat ga mba?
    soalnya saya udh ganti2 produk kosmetik buat ngilangin jerawat tp hasilnya nihil
    mau cri info dlu nihhh
    kira2 blinya dimana y?

    BalasHapus
  20. Bisa menhilangkan noda hitam bekas jerawat gk ?

    BalasHapus
  21. aku juga pake nih sis... udah pengen abis 1 wadah hihihi....
    di aku cocok2 aja sih...malah bkin kulit lembut dan bisa ngempesin jerawat aku yg kecil2 hehehehe

    BalasHapus
  22. assalamualaikum
    teh pemakain gizi super cream bisa gk d'brengin sama pelembab lain,tp beda waktunya??

    BalasHapus
  23. Saya baru coba krim gizi 5 harian tp muka sya sudah bruntusan ada bintik2 kecil,,itu cocok atau ga bwt kulit sya ya?

    BalasHapus
  24. kalau daerah surabaya dmn ya belinya ?

    BalasHapus
  25. Selain melayani pembelian Gizi Super Cream, toko online : http://www.mimjim.com juga melayani grup BBM untuk sharing dan komunikasi antar pengguna Gizi Super Cream. Bisa add BBM : 7D0D6974

    BalasHapus